InSpirator #22

Michael Martin Hammer

Michael Martin Hammer (13 April 1948 – 3 Sept 2008) adalah seorang insinyur Amerika, penulis manajemen, dan mantan profesor ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang dikenal sebagai salah satu pendiri teori manajemen Business Process Reengineering (BPR). BPR adalah strategi manajemen bisnis yang dirintis pada awal 1990-an. BPR berfokus pada analisis dan desain alur kerja dan proses bisnis dalam suatu organisasi.

Pada tahun 1993, bersama dengan James A. Champy, Hammer menulis buku bisnis berjudul Reengineering the Corporation: A manifesto for Business Revolution. Buku tersebut sukses merevolusionisasi bagaimana bisnis berbisnis. Oleh karena itu, Hammer dikenal sebagai bapak reengineering; sebuah inovasi manajerial yang kini telah menjadi bagian dari standar praktik bisnis.

Kehidupan Awal

Hammer, seorang putra penyintas Holocaust, menghabiskan masa kecilnya di Annapolis, Maryland, Amerika Serikat. Hammer meraih gelar BS, MS, dan Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technology secara berurutan pada tahun 1968, 1970, dan 1973. Hammer sempat berprofesi sebagai seorang profesor di departemen Ilmu Komputer MIT dan seorang dosen di MIT Sloan School of Management.

Terobosan

Artikel Hammer yang berjudul “Reengineering Work: Don’t Automate, Obliterate” diterbitkan di Harvard Business Review. Klaim Hammer dalam artikel ini dinilai cukup kontroversial pada masanya. Ide Hammer ini kemudian dikembangkan ke dalam sebuah buku yang ia tulis bersama James A. Champy yang berjudul “Reengineering the Corporation: A manifesto for Business Revolution”.

Pengaruh

Buku Reengineering the Corporation terjual sebanyak 2,5 juta eksemplar dan dielukan sebagai buku bisnis paling penting di tahun 1990-an; membuat nama Hammer tercantum di urutan pertama dalam daftar 25 Orang Paling Berpengaruh di Amerika versi Majalah Time tahun 1996. Majalah Forbes juga mengurutkan buku Hammer dalam “10 Buku Bisnis paling Penting dalam 20 Tahun Terakhir”

2008

Hammer tutup usia di umur 60 tahun akibat komplikasi pendarahan otak yang dideritanya saat liburan. Hammer dimakamkan di Baker Street Jewish Cemeteries di Boston.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *