InSpirator #23

Alan Turing

Halo, Sobat Karya!

Pernah mendengar film The Imitation Game yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch? Yup, film tersebut mengangkat kisah hidup Alan Turing. Memiliki nama lengkap Alan Mathison Turing, beliau adalah tokoh matematikawan dan ahli logika dari Inggris yang memberikan kontribusi besar pada matematika, pembacaan sandi, logika, filsafat, dan biologi matematika dan juga ilmu komputer, ilmu kognitif, dan kecerdasan buatan.

Turing berperan penting dalam memecahkan pesan kode Nazi yang diputus dan memungkinkan Sekutu untuk mengalahkan Nazi dalam banyak persitiwa penting. Kontribusi Turing dalam Perang Dunia II diperkirakan memperpendek perang tersebut lebih dari dua tahun dan menyelamatkan lebih dari 14 juta jiwa.

Mesin Turing

Lahir di London, 23 Juni 1912, Alan Turing sudah menunjukkan bakatnya dibidang teknik komputer sejak remaja. Pada tahun 1930, Turing berhasil membuat sebuah mesin bernama “Turing Machine”atau Mesin Turing yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah sederhana yang kemudian menjadi cikal bakal dari komputer modern.

Perang Dunia II

Selesai menempuh pendidikannya di Universitas Princeton, Amerika Serikat. Alan Turing kemudian kembali ke Inggris dan bekerja di Departemen Komunikasi Britania Raya. Ketika Perang Dunia II berkecambuk tahun 1939 hingga 1945, ia ditugaskan untuk memecahkan informasi yang terdapat di mesin enkripsi, Enigma, buatan Nazi Jerman.

Menguraikan Enigma

Turing, bersama tim ilmuwan Kerajaan Inggris, merancang sebuah komputer bernama “Colossus Computer” untuk membantu memecahkan informasi yang terenkripsi dari pihak Nazi Jerman. Colossus Computer dibuat oleh Tommy Flowers dengan desain dari Turing. Tidak lama setelah itu, Turing kemudian berhasil memecahkan kode-kode dari mesin Enigma dengan membuat sebuah mesin pemecah kode Enigma lain yang diberi nama “The Bombe” yang diciptakan pada tahun 1939 oleh Turing.

Peninggalan

Sebagain Bapak disiplin Ilmu Komputer dan pahlawan perang, peninggalannya dirayakan di mana-mana. British Royal Society menerbitkan biografinya, hidupnya diadaptasi menjadi sebuah film, banyak monumen yang didirikan sebagai peringatan baginya, dan juga beberapa hal dinamai menurut namanya.

Sumber Gambar :
https://cdn-images-1.medium.com/max/1600/1*FCZMG2AgKPDXqXyOtV4faA.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *