TAHU TECH : Cara Melindungi Nomor Telepon dan Kenapa Itu Penting?

Halo Sobat Karya!

Kita menggunakan nomor telepon tiap waktu, saat sign-up ke sebuah situs maupun layanan, reset account, hingga memakai two-factor authentication agar dapat login dengan aman.

Namun, kita perlu berhati-hati nih.. Melalui nomor telepon, seorang hacker dapat meng-hijack akun pemilik nomor dengan cara mendapatkan password reset yang dikirimkan ke nomor yang telah diretas.

Setelah itu, mereka dapat mengakses akun penting seperti social media, email, hingga m-banking.

Gimana tuh caranya??

Seringkali, hacker akan menemukan nomor ponsel target mereka di internet, lalu menelepon customer service dengan menyamar sebagai pelanggan.
Mereka menjawab beberapa pertanyaan sederhana dari customer service (seperti alamat, tanggal lahir, dsb) dan memintanya untuk ‘memindahkan’ nomor ponsel ke SIM Card yang lain.

Setelah pemindahan selesai, nomor telepon target akan dipindahkan ke SIM Card hacker, sehingga ia dapat mengakses akun-akun pemilik asli.Ponsel pemilik akan kehilangan layanan seluler tanpa alasan yang jelas.

Untuk melindungi nomor telepon dari serangan seperti itu, kita dapat menambahkan kode keamanan sekunder, dengan cara: menelepon customer service ataupun melakukannya secara online. Ini berfungsi agar hanya pemilik asli yang dapat melakukan perubahan atau memindahkan nomor teleponnya. Untuk melindungi nomor, provider biasanya menggunakan password, passcode, atau passphrase.
Dengan kode keamanan ini, nomor kalian akan tetap terlindungi dari para hacker iseng

Sumber: https://tcrn.ch/2ERos3A

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, ikuti media sosial HMSI FTIK ITS lainnya di
hima.is.its.ac.id/medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *